Formula Reward Tahfizh

Tahfidz Quran, program yang saat ini lagi trend di rumah kami. Sebelumnya memang sudah diprogramkan, namun belum seserius sekarang. Trus pas ada sharing dari seorang temen, yang hafidz 10 juz (woi... bu Riri, tx a lot infonya ya.... ), ternyata yang 7 juz dihafalkan pas SD. Sedangkan sisanya, sejak SMP sampai sekarang sudah ko-as dokter dari UI, 'hanya' berhasil menghafal 3 juz.

Jadi menurut blio, pas SD memang saat yang paling enak untuk menghafal. Hafalan yang didapat pas SD juga masih menempel kuat. Gak kayak yang 3 juz berikutnya, hafalannya gak gitu nempel.

Trus masih sharing dari blio, katanya bisa banyak gitu, cause sama ortunya gak dikasih uang saku kalo gak setor 1 halaman. Meskipun nangis nangis, tetep aja gak bakalan dikasih. Hmmm... interesting. Dan kebetulan, pas temenku itu sharing, Alya juga ada disitu. Jadi dia denger langsung dari pelakunya. Khan beda efeknya kalo udah aku yang nyeritain.

Malemnya, tak ceritain ke suami. Ternyata suami tertarik banget, dan malah langsung diaplikasikan. Langsung bikin pokoke kalo anak2 bisa setor sehari setengah halaman, dapet uang saku sekian. Wah... ternyata susyah banget. Terus bongkar pasang formula buat setoran dech. Sampai akhirnya dapat formula kayak gini :



Jadi, Alya sama Iva kalo berhasil setor 1 baris dapet 500 rupiah. Kalo 2 baris 1.500 rupiah, 3 baris 3 ribu rupiah. Trus 4 baris 5 ribu, dan 5 baris 6.500. Selanjutnya tiap baris dihitung 1.300 rupiah. Kalo sehari gak setor, dapet reward minus seribu, hehehe. Selain reward hafalan, kita juga masih nerapin prestasi. Tapi sekarang gak dikurs ke hadiah lagi, tapi ke uang saku. Tiga prestasi sama dengan 500 rupiah.

Tapi... kayaknya anak2 jadi ngandalin uang saku dari prestasi. Jadi hafalan gak gitu dikejar. Mereka concernnya ke ngejar prestasi. Waduh gawat. Akhirnya poin prestasi kita turunkan nilainya, jadi 1 prestasi = 100 rupiah. Setelah itu lumayan, jadi rada berimbang. Setoran hafalan juga dikejar, tapi prestasi juga jalan.

Trus, setelah sebulanan, Alya sama Iva sudah menyelesaikan satu surat. Tapi ternyata, karena yang disetor hanya yang dihafal hari itu, jadinya ayat2 sebelumnya sudah banyak lupa. Aduh ! Terpaksa formula dibongkar lagi. Akhirnya deal, jadi kalo setor hari itu, musti setor juga murojaah dari ayat 1 surat yang sama. Poin untuk murojaah ini, tiap murojaah setengah halaman, dihitung satu baris.

Bonus juga didapat kalo mereka berhasil mencapai 80.000 dalam 1 bulan, mereka bakal dapet bonus 20.000. Jadi misalnya kalo mereka rutin setor sehari 1 halaman murojaah (setara 2 baris), plus satu baris tambahan hasil menghafal hari itu, berarti ntar akhir bulan mereka bakal dapet uang saku 110 ribu. Lumayan khan...

Reward yang sama berlaku juga untuk abinya, meskikpun jelas tidak diuangkan, tapi lebih ke untuk memotivasi anak2. Ntar akhir bulan, siapa yang berhasil mencapai setengah dari hasil abinya, akan ada reward khusus dari abi. Dan sampai tgl 9 kemaren, inilah hasilnya :


Alya kebetulan paling kecil, karena dia waktu itu sudah mulai sakit, sehingga setornya udah gak bener. Disamping juga karena dia udah juz 28, udah mulai susah.

Gimana umminya ? Yach... kalo Abinya hafalannya kejar2an sama Alya, aku kejar2an sama Iva. Tapi kejar2an juga gak tepat denk. Kayaknya Iva juga bakalan ngeduluin dech. Tapi mereka maklum. Yach, gimana enggak... pas padha ngapal, umminya sibuk ngejagain yang 2 lagi.

Tapi lucunya, dan Alhamdulilllahnya, Uthi sama Widad juga tertarik untuk menghafal. Widad udah hafal Al Fatihah sebagian sebagian. Uthi juga kalo liat kakaknya padha setoran, sering ikut ribut minta setoran hafalannya, hehehe...


(Sumber: http://anugerahfashion.blogspot.com)